Belasan Ribu Pendukung Padati Deklarasi Paket AMAN di Kodi

Belasan Ribu Pendukung Padati Deklarasi Paket AMAN di Kodi. (Detik Sumba/Dok Yanto Tena)

DETIK SUMBA – Lebih dari 10 ribu pendukung pasangan Agustinus Tamo Mbapa dan Soleman Lende Dappa, yang dikenal sebagai Paket AMAN, memadati Kampung Gallu Kawonga, Desa Kawonga Hari, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya, pada Selasa (24/9/2024).
Massa berdatangan dari berbagai kampung di empat kecamatan di Kodi untuk menghadiri deklarasi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sumba Barat Daya tersebut.

Sejak pagi, para pendukung datang berbondong-bondong dengan berbagai kendaraan, mulai dari motor, pikap, truk, hingga mobil pribadi. Tidak sedikit juga yang rela berjalan kaki.

Pengguna motor dengan knalpot racing menambah semarak suasana dengan meneriakkan yel-yel “AMAN Pemimpin Baru SBD” yang menarik perhatian warga sekitar.

Baca Juga:  Fransikus M. Adi Lalo dan Yeremia Tanggu Ajak Pendukung Ciptakan Pilkada Damai di Sumba Barat Daya

Kendaraan yang datang dari Waijewa menambah kemacetan di sekitar lokasi acara. Antrean panjang terbentuk karena massa yang terus berdatangan mencari tempat parkir.

“Ini baru namanya massa. Kalau benar-benar Kodi bersatu, pasangan AMAN tembus,” kata Rangga, salah satu pendukung yang datang berjalan kaki sejauh dua kilometer.

Acara berlangsung sangat meriah. Tenda besar yang disediakan panitia tidak mampu menampung seluruh massa, sehingga banyak yang memilih duduk bersila di tanah.

Ketika gong dipukul dan penyanyi dangdut naik ke panggung, banyak pendukung, terutama anak muda, ikut menari dan berjoget riang.

Baca Juga:  Alex Rangga Pija Gagal Melaju di Pilkada SBD: "Saya Tidak Salahkan Siapa-Siapa"

“Wuih.Goyang lagi, goyang lagi,” teriak beberapa pria yang antusias mengikuti suasana.

Setelah doa dan renungan dipimpin oleh seorang Imam Katolik, beberapa tokoh lokal tampil untuk berorasi, membakar semangat massa yang hadir.

Salah satu orator, Donatus Dita Mete, tokoh senior asal Kodi yang tinggal di Kupang, menyampaikan pidato dalam bahasa Kodi dan melantunkan syair adat yang menarik perhatian warga, terutama para orang tua.

“Paket AMAN….! Paket AMAN….!” serunya, yang disambut gemuruh pekikan “AMAN….!!” dari massa.